Minggu, 07 Mei 2017

Bab I - VI (Manj.Pely RS)

Kofer Bahan Ajar


K a t  a   P e n g a n t a r

           Puji syukur kepada Tuhan yang maha esa Allah SWT, atas limpahan rahmat dan hidayahnya sehingga Buku Ajar Mata kuliah Manajemen Puskesmas & Rumah Sakit dapat terselesaikan. Penyusunan buku ajar ini sekiranya dapat membantu Mahasiswa dan seluruh pembaca dalam proses pembelajaran dan memberikan manfaat sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap seluruh materi buku ajar ini.
Ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya penulis sampaikan kepada seluruh pihak yang terlibat  dalam penyelesaian buku ajar ini
          selanjutnya out line buku ajar ini tentunya masih jauh dari kesempurnaan, sehingga saran serta kritikan sangat diharapkan demi perbaikan dimasa yang akan datang.

Makassar, 09 Desember 2016  

                                                                                                                        Lusyana Aripa, SKM., M.Kes





D A F TA R  I SI
KATA PENGANTAR                   ii
DAFTAR ISI               iii
BAB I.       Manajemen Pelayanan Puskesmas
1.                 Pendahuluan
A.           Standart Kompetensi    1
B.            Kompetensi Dasar         1
C.            Indikator     1
D.           Deskripsi Mata Kuliah 1

II.      Penyajian
-         Manajemen pelyanan Puskesmas 3
-         Pengertian/batasan Puskesmas 4
-         Tujuan Puskesmas 4
-         Kedudukan Puskesmas  5
-         Fungsi Puskesmas  5
-         Prorgram dan kegiatan pokok Puskesmas 6
-         Siklus Manajemen Puskesmas (Plan-Do-Check-Action/P-D-C-A)    16
III.     Penutup
-         Tugas  19

BAB II.     Penerapan Fungsi Manajemen (POACE) Pada Tahap Planning  di Puskesmas
1.      Pendahuluan
A.   Standart Kompetensi     20    
B.   Kompetensi Dasar                    20
A.        Indikator                20
B.         Deskripsi Mata Kuliah  20    
II.   Penyajian
-             Batasan perencanaan Puskesmas 21
-             Ruang lingkup Puskesmas  21
-             Mekanisme perencanaan tingkat Puskesmas  22
III.  Penutup
-         Tugas         31
IV.   Lampiran
-         Rencana Usulan  Kegiatan (RUK)
-         Matrik Analisa Situasi
-         Matrik Perencanaan Kegiatan
BAB III.   Penerapan Fungsi Manajemen (POACE) Pada Tahap Organising di Puskesmas Pendahuluan
I.           Pendahuluan
A.       Standart Kompetensi           32              
B.       Kompetensi Dasar               32    
C.                  Indikator           32
D.     Deskripsi Mata Kuliah         33
II.   Penyajian
-         Pengorganisasian di Puskesmas  34
-         Defenisi pengorganisasian di Puskesmas  35
-         Fungsi pengorganisasian Puskesmas  36
-         Pengorganisasian Puskesmas  36
-         Pola struktur di Puskesmas  40
-         Pelayanan di Puskesmas  41
-         Contoh Struktur Organisasi   Puskesmas 43
III.  Penutup
-         Tugas         44    
BAB IV.    Penerapan Fungsi Manajemen (POACE) Pada Tahap Actuating di Puskesmas
I.     Pendahuluan
A.    Standart Kompetensi    45                       
B.     Kompetensi Dasar  45           
D.           Indikator       45            
D.    Deskripsi Mata Kuliah  45
II.   Penyajian
-         Konsep actuating  47
-         Pengertian actuating 48
-         Tujuan actuating  48
-         Fungsi actuating   49
-         Factor yang diperlukan dalam actuating   50
-         Fungsi actuating di Puskesmas 50
III.  Penutup
-         Tugas  52
BAB V.   Penerapan Fungsi Manajemen (POACE) Pada Tahap
Controlling di Puskesmas
I.                  Pendahuluan
A.       Standart Kompetensi           53              
B.       Kompetensi Dasar               53              
E.                  Indikator           53    
D.     Deskripsi Mata Kuliah         54
II.   Penyajian
-         Pengawasan (controlling)  55
-         Batasan Pengawasan (controlling)  56
-         Jenis Pengawasan (controlling)  57
-         Aspek kegiatan Pengawasan (controlling)  57
-         Tujuan Pengawasan (controlling)  58
III.  Penutup
-         Tugas  60  
BAB V.     Penerapan Fungsi Manajemen (POACE) Pada Tahap EVALUASI  di Puskesmas
I.           Pendahuluan
A.    Standart Kompetensi               61                       
B.     Kompetensi Dasar          61              
C.            Indikator        61
D.     Deskripsi Mata Kuliah  62
II.        Penyajian 
-                  Batasan evaluasi 63
-                  Tujuan penilaian /evaluasi kinerja  64
-                  Ruang Lingkup penilaian /evaluasi  64
-                  Standart keberhasilan program Puskesmas 65
-                  Indikator keberhasilan Puskesmas 66

III.     Penutup
Tugas         70
Daftar Pustaka 71
BAB VII.  Manajemen Pelayanan Rumah Sakit
I.       Pendahuluan
A.       Standart Kompetensi   73            
B.       Kompetensi Dasar     73              
D.                 Indikator   73
D.     Deskripsi Mata Kuliah         73
II.      Penyajian
-            Batasan Rumah sakit  75
-            Konsep pelayanan paripurna  77
-            Jenis pelayanan di Rumah sakit  78
-            Klasifikasi RS 79
-            Fungsi Rumah Sakit  80
-            Tujuan pengaturan penyelenggaran RS  80
-            Pelayanan Kes di RS  81
-            Kendala Pelayanan di RS  84
III.     Penutup
-         Soa1 85
BAB VIII.     Penerapan Fungsi Manajemen Pada Tahap Planning   di Rumah Sakit
I.       Pendahuluan
A.      Standart  Kompetensi   86  
B.      Kompetensi Dasar      86              
A.              Indikator  86
D.     Deskripsi Mata Kuliah         87
II.        Penyajian
-         Batasan Perencanaan Rumah Sakit 88
-         Fungsi perencanaan RS  89
-         Manfaat perencanaan RS 90
-         Keuntungan pelaksanaan  perencanaan RS  90
-         Hambatan RS  91
-         langkah-langkah perencanaan RS  91
-         Strategi planning RS  97
III.        Penutup
-         Tugas  108
Lampiran
-         Contoh Analisis SWOT di RS 110
-         RENSTRA (Rencana Kerja)                 
BAB IX.  Pengorganisasian Rumah Sakit
I.       Pendahuluan
A.       Standart Kompetensi 1  118                           
B.       Kompetensi Dasar     118            
C.                  Indikator    118
D.      Deskripsi Mata Kuliah 119
II.        Penyajian
-            Pengorganisasian Rumah sakit 120
-            Susunan organisasi Rumah sakit  di Indonesia 121
-            Tujuan pengaturan organisasi di Rumah sakit  121
-            Susunan organisasi di RS  121
-            Rincian tugas dari masing-masing bagian organisasi Rumah Sakit 122
-            Contoh Struktur  127
III.  Penutup
-         Tugas129
BAB X.  Actuating di Rumah Sakit
I.       Pendahuluan
A.    Standart Kompetensi  130            
B.     Kompetensi Dasar       130            
C.     Indikator   130
D.     Deskripsi Mata Kuliah  130
II.        Penyajian
-            Batasan actuating  132
-            Beberapa pengertian actuating 132
-            Tujuan actuating  133
-            Fungsi actuating 134
-            Factor yang dibutuhkan dalam actuating 135
-            Prinsip actuating  137
-            Fungsi actuating di Rumah Sakit  138
III.     Penutup
-            Tugas  142

BAB XI.  Controlling di Rumah Sakit
I.       Pendahuluan
A.    Standart Kompetensi      143         
B.     Kompetensi Dasar 143
C.     Indikator   143
D.    Deskripsi Mata Kuliah  143

II.        Penyajian
-           Batasan Controlling/pengawasan  145
-           Fungsi Controlling / pengawasan  145
-           Prinsip dasar actuating  146
-           Sistem Pengawasan  146
-           Tehnik Pengawasan  147
-           Komponen pengendalian  147
-           Macam Pengendalian Di Rumah Sakit 147
-           Alur komunikasi dalam pengawasan  153
III.        Penutup
 Penutup
-         Tugas    150
BAB XII.  Penerapan Fungsi Manajemen Pada Tahap Evaluasi di Rumah Sakit
I.          Pendahuluan
A.      Standart Kompetensi  151                    
B.      Kompetensi Dasar  151
C.      Indikator  151
D.     Deskripsi Mata Kuliah   151
II.        Penyajian
-         evaluasi kinerja Rumah Sakit 153
-         Batasan evaluasi RS 155
-         Tujuan penilaian kinerja RS 156
-         Factor penilaian dalam prestasi kerja RS 158
-         Metode balanced Skore dalam pengukuran kinerja RS 161
III.     Penutup
-         Tugas  165
Daftar Pustaka   


Jurnal Balanced Score  


BAB I.       Manajemen Pelayanan Puskesmas
1.    Pendahuluan
A.              STANDART KOMPETENSI:
-         Mampu menjelaskan secara tepat mengenai pedoman manajemen Puskesmas Dan Rumah Sakit
-         Mampu mendeskripsikan ruang lingkup Puskesmas Dan Rumah Sakit
-         Mampu menguraikan kembali proses manajemen di Puskesmas Dan Rumah Sakit
B.            KOMPETENSI DASAR:
-         Mahasiswa  memahami Manajemen Puskesmas
C.           INDIKATOR:
-            Memahami mengenai manajemen pelyanan Puskesmas
-            Menjelaskan pengertian/batasan Puskesmas
-            Menguraikan tujuan Puskesmas
-            Mendeskripsikan kembali kedudukan Puskesmas
-            Memahami Fungsi Puskesmas
-            Menyebutkan Prorgram dan kegiatan pokok Puskesmas
-           Menguraikan tentang Siklus Manajemen Puskesmas (Plan-Do-Check-Action/P-D-C-A)
D.           DESKRIPSI MATA KULIAH:
           Mata kuliah ini membahas mengenai pedoman manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit, Batasan dan hal-hal penting yang yang berkaitan dengan pelaksanaan manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit, serta kegiatan yang harus dilaksanakan mulai dari planning, organizing, actuating, staffing, controlling  dan evaluasi sehingga mencapai tujuan yang telah direncanakan secara efektif dan efisien.  

  
BAB I
Manajemen Pelayanan Puskesmas
Pendahuluan
Sebagaimana kita ketahui, saat ini terbit Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2016 Tentang Pedoman Manajemen Puskesmas. Dalam latar belakang Permenkes ini antara lain disebutkan bahwa untuk melaksanakan upaya kesehatan baik upaya kesehatan masyarakat tingkat pertama dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama dibutuhkan manajemen Puskesmas yang dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan agar menghasilkan kinerja Puskesmas yang efektif dan efisien.
Agar Puskesmas dapat mengelola upaya kesehatan dengan baik dan berkesinambungan dalam mencapai tujuannya, maka Puskesmas harus menyusun rencana kegiatan untuk periode 5 (lima) tahun yang selanjutnya akan dirinci lagi ke dalam rencana tahunan Puskesmas sesuai siklus perencanaan anggaran daerah.
Dengan adanya perubahan kebijakan dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, diantaranya Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014, Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga yang berbasis siklus kehidupan, Sustainable Development Goals (SDG’s), dan dinamika permasalahan kesehatan yang dihadapi masyarakat, maka pedoman manajemen Puskesmas perlu disesuaikan dengan perubahan yang ada.
Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, disebutkan bahwa Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan diwilayah kerjanya dan berfungsi menyelenggarakan UKM dan UKP tingkat pertama diwilayah kerjanya. Puskesmas dalam Sistem Kesehatan Daerah Kabupaten/Kota, merupakan bagian dari dinas kesehatan kabupaten/kota sebagai UPTD dinas kesehatan kabupaten/kota.
Oleh sebab itu, Puskesmas melaksanakan tugas dinas kesehatan kabupaten/kota yang dilimpahkan kepadanya, antara lain kegiatan dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan Kabupaten/kota dan upaya kesehatan yang secara spesifik dibutuhkan masyarakat setempat (local specific).
Batasan
-     Puskesmas adalah suatu unit pelaksana fungsional yg berfungsi sbg pusat pembangunan kesehatan, pusat pembinaan peran serta masyarakat dalam kesehatan, serta pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama yg menyelenggarakan kegiatannya secara menyeluruh, terpadu & berkesinambungan pada masyarakat yang bertempat tinggal dalam suatu wilayah tertentu
- Puskesmas adalah unit pelaksana tehnis (UPT) dari Dinkes Kabupaten/Kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di wilayah kecamatan.
Tujuan Puskesmas
Yakni Mendukung tercapainya pembangunan kesehatan Nasional, yaitu meningkatkan kesadaran, kemauan kemampuan untuk hidup sehat bagi orang yang bertempat tinggal di wilayah kerja Puskesmas itu, agar dapat terwujud derajat kesehatan yang merata.
Wilayah kerja Puskesmas;
-                  Kecamatan
-                  Kepadatan Penduduk
-                  Luas daerah
-                  Keadaan Geografik
-                  Infrastruktur
-                  Sasaran penduduk 30.000 jiwa
Wilayah yang sulit dijangkau oleh Puskesmas Pusat maka didirikan PusBan atau disebut Puskesmas Pembantu. Pelayanan bersifat sederhana dan berfasilitas penunjang dan membantu melaksankan kegiatan PKM yang ruang lingkupnya keci (2-3 desa).
Kedudukan Puskesmas
Kedudukan Puskesmas sebagai Sistem Kesehatan Nasional yang merupakan sarana pelayanan kesehatan perorangan dan masyarakat.Sebagai sistem kesehatan Kab/Kota yang bekerja sebagi unit pelaksana tehnis dinas bertanggung jawab menyelenggarkan sebagian tugas pembangunan kesehatan Kab/Kota.
Dalam system pemerintahan daerah sebagai unit pelaksana tehnis Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang merupakan unit structural pemerintah daerah Kab/Kota dan sebagai sarana pelayanan kesehatan strata pertama.
Fungsi Puskesmas
-         Pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatanPuskesmas selalu berupaya menggerakkan dan memantau penyelenggaraan pembangunan lintas sektor termasuk masyarakat dan dunia usaha diwilayah kerja
-         Pusat Pemberdayaan Masyarakat
Perorangan, keluarga dan masyarakat turut berpartisipasi dalam menetapkan, menyelenggarakan dan memantau pelaksanaan program kesehatan. Pemberdayaan Perorangan, keluarga dan masyarakat diselenggaraka dengan memperhatikan kondisi dan situasi, khususnya sosial budya masyarakat setempat.
-         Pusat Pelayanan Kesehatan Strata Pertama
PKM bertanggung jawab menyelenggarakan pelayanan tingkat pertama secara menyeluruh dan berkesinambungan, meliputi;
§   Pelayanan Kesehatan Perorangan
                Adalah pelayanan yang bersifat pribadi (private good) dengan  tujuan utama menyembuhkan penyakit dan pemulihan kesehatan perorangan, tanpa mengabaikan pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit. Pelayanan ini adalah rawat jalan, dan PKM tertentu ditambah dengan rawat inap.
§   Pelayanan Kesehatan Masyarakat
adalah pelayanan yang bersifat public (public goods) mempunyai tujuan memelihara & meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit tanpa mengabaikan penyembuhan & pemulihan, seperti; promosi kesehatan, pemberantasan penyakit, penyehatan lingkungan, perbaikan gizi, peningkatan kesehatan keluarga, KB, kesehatan jiwa serta program lainnya.
Program Dan Kegiatan Pokok Puskesmas
Kegiatan-kegiatan pokok puskesmas yang diselenggarakan oleh puskesmas sejak berdirinya semakin berkembang , mulai dari 7 usaha pokok kesehatan, 12 usaha pokok kesehatan, 13 usaha pokok kesehatan dan sekarang meningkat menjadi 20 usaha pokok kesehatan yang dapat dilaksanakan oleh puskesmas sesuai dengan kemampuan yang ada dari tiap-tiap puskesmas baik dari segi tenaga, fasilitas, dan biaya atau anggaran yang tersedia.
Berdasarkan buku pedoman kerja puskesmas yang terbaru ada 20 usaha pokok kesehatan yang dapat dilakukan oleh puskesmas, itu pun sangat tergantung kepada faktor tenaga, sarana, dan prasarana serta biaya yang tersedia berikut kemampuan manajemen dari tiap-tiap puskesmas.
Dua puluh kegiatan pokok puskesmas adalah :
1.  Upaya kesehatan ibu dan anak
a.   Pemeliharaan kesehatan ibu hamil , melahirkan dan menyusui serta bayi anak balita dan anak prasekolah
b.  Memberikan nasehat tentang makanan guna mencegah gizi buruk
c.  Pemberian nasehat tentang perkembangan anak dan cara stimulasinya.
d.   Imunisasi tetanus toksoid dua kali pada ibu hamil dan BCG, DPT 3 kali, polio 3 kali dan campak 1 kali pada bayi
e.   Penyuluhan kesehatan dalam mencapai program KIA
f.   Pelayanan keluarga berencana
g.  Pengobatan bagi ibu, bayi anak balita dan anak prasekolah untuk macam-macam penyakit ringan
h.  Kunjungan rumah untuk mencari ibu dan anak yang memerlukan pemeliharaan , memberikan penerangan dan pendidikan tentang kesehatan
i.   Pengawasan dan bimbingan kepada taman kanak-kanak dan para dukun bayi
2.  Upaya keluarga berencana
a.  Mengadakan kursus keluarga berencana untuk para ibu dan calon ibu yang dating berkuunjung di KIA
b.  Mengadakan kursus keluarga berencana kepada dukun yang kemudian akan bekerja sebagai penggerak calon peserta keluarga berencana
c.   Mengadakan pembimbingan mengenai keluarga berencana
d.  Memasang IUD, cara penggunaan pil , kondom, dan alat kontrasepsi lain
e. Melakukan pemantauan kepada ibu – ibu yang menggunakan konterasepsi
3.  Upaya peningkatan gizi
a.    Mengenali penderita kekurangan gizi dan melakukan pengobatan
b.   Mempelajari keadaan gizi masyarakat dan mengembangkan program perbaikan gizi
c.    Memberikan pendidikan gizi kepada masyarakat terutama dalam rangka program KIA
d.   Melaksanakan program-program :
·       Program perbaikan gizi keluarga melalui posyandu
·       Memberikan makanan tambahan yang mengandung protein dan kalori kepada balita dan ibu menyusui
·       Memberikan vitamin A kepada balita umur dibawah 5 tahun
4.  Upaya kesehatan lingkungan
Kegiatan utama kesehatan lingkungan yang dilakukan staf puskesmas adalah :
a.  Penyehatan air bersih
b.  Penyehatan pembuangan kotoran
c.  Penyehatan lingkungan perumahan
d.  Penyehatan limbah
e.   Pengawasan sanitasi tempat umum
f.   Penyehatan makanan dan minuman
g.  Pelaksanaan peraturan perundang-undangan
5.  Upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit menular
a.  Mengumpulkan dan menganalisa data penyakit
b.  Melaporkan kasus penyakit menular
c.  Menyelidiki di lapangan untuk melihat benar atau tidaknya laporan yang masuk, untuk menemukan kasus-kasus baru dan untuk mengetahui sumber penularan.
d.  Tindakan permulaan untuk menahan penularan penyakit
e.   Menyembuhkan penderita, hingga ia tidak lagi menjadi sumber infeksi
f.   Pemberian imunisasi
g.   Pemberantasan vektor
h.   Pendidikan kesehatan kepada masyarakat
6.  Upaya pengobatan
A. Melaksanakan diagnose sedini mungkin melalui:
a)       Mendapatkan riwayat penyakit
b)      Mengadaan pemeriksaan fisik
c)       Mengadaan pemeriksaan labolatorium
d)      Membuat diagnosa
b.  Melaksanakan tindakan pengobatan
c.   Melakukan upaya rujukan bila dipandang perlu, rujukan tersebut dapat berupa:
a)       Rujukan diagnostic
b)      Rujukan pengobatan/rehabilitasi
c)       Rujukan lain
7.   Upaya penyuluhan
a.   Penyuluhan kesehatan masyarakat merupakan bagian yang tak terpisahkan dari tiap program puskesmas. Kegiatan penyuluhan kesehatan dilakukan pada setiap kesempatan oleh petugas, apakah di klinik, rumah dan pada kelompok masyarakat.
b.  Di tingkat puskesmas tidak ada penyuluhan tersendiri, tetapi ditingkat kabupaten diadakan oleh tenaga coordinator penyuluhan kesehatan. Coordinator membantu para petugas puskesmas dalam mengembangkan teknik dan materi penyuluhan di Puaskesmas.
8.  Upaya kesehatan sekolah
a.   Membina sarana keteladanan di sekolah, berupa sarana keteladanan gizi berupa kantin dan sarana keteladanan kebersihan lingkungan.
b.  Membina kebersihan perseorangan peserta didik
c.   Mengembangkan kemampuasn peserta didik untuk berperan secara aktif dalam pelayanan kesehatan melalui kegiatan dokter kecil
d.   Penjaringan kesehatan peserta didik kelas I
e.    Pemeriksaan kesehatan periodic sekali setahun untuk kelas II    sampai IV dan guru berupa pemeriksaan kesehatan sederhana
f.   Immunisasi peserta didik kelas I sampai VI
g.   Pengawasan terhadap keadaan air
h.   Pengobatan ringan pertolongan pertama
i.    Rujukan medik
j.    Penanganan kasus anemia gizi
k.   Pembinaan teknis dan pengawasan di sekolah
l.    Pencatatan dan pelaporan
9.  Upaya kesehatan olah raga
a.  Pemeriksaan kesehatan berkala
b.  Penentuan takaran latihan
c.  Pengobatan dengan teknik latihan dan rehabilitasi
d.  Pengobatan akibat cidera latihan
e.  Pengawasan selama pemusatan latihan
10.   Upaya perawatan kesehatan masyarakat
a.   Asuhan perawatan kepada individu di puskesmas maupun di rumah dengan berbagai tingkat umur, kondisi kesehatan, tumbuh kembang dan jenis kelamin
b.  Asuhan perawatan yang diarahkan kepada keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat (keluarga binaan)
c.   Pelayanan perawatan kepada kelompok khusus diantaranya : ibu hamil, anak balita, usia lanjut dan sebagainya
d.  Pelayanan keperawatan pada tingkat masyarakat
11.  Upaya peningkatan kesehatan kerja
a.   Identifikasi masalah, meliputi:
a)       Pemeriksaan kesehatan dari awal dan berkala untuk para pekerja
b)      Pemeriksaan kasus terhadap pekerja yang dating berobat ke puskesmas
c)       Peninjauan tempat kerja untuk menentukan bahaya akibat kerja
b.  Kegiatan peningkatan kesehatan tenaga kerja melalui peningkatan gizi pekerja, lingkungan kerja, dan kegiatan peningkatan kesejahteraan
c.  Kegiatan pencegahan kecelakaan akibat kerja, meliputi:
a)       Penyuluhan kesehatan
b)      Kegiatan ergonomik, yaitu kegiatan untuk mencapai kesesuaian antara alat kerja agar tidak terjadi stres fisik terhadap pekerja
c)       Kegiatan monitoring bahaya akibat kerja
d)      Pemakaian alat pelindung
d.  Kegiatan pengobatan kasus penyakit akibat kerja
e.  Kegiatan pemulihan kesehatan bagi  pekerja yang sakit
f.   Kegiatan rujukan medic dan kesehatan terhadap pekerja yang sakit
12.  Upaya kesehatan gigi dan mulut
a.   Pembinaan/pengembangan kemampuan peran serta masyarakat dalam upaya pemeliharaan diri dalam wadah program UKGM
b.  Pelayanan asuhan pada kelompok rawan, meliputi:
a)    Anak sekolah
b)   Kelompok ibu hamil, menyususi dan anak pra sekolah
c.  Pelayanan medik dokter gigi dasar, meliputi:
a)    Pengobatan gigi pada penderita yang berobat maupun yang dirujuk
b)   Merujuk kasus-kasus yang tidak dapat ditanggulangi kesasaran yang lebih mampu
c)    Memberikan penyuluhan secara individu atau kelompok
d)   Memelihara kebersihan (hygiene klinik)
e)    Memelihara atau merawat peralatan atau obat-obatan
d.      Pencatatan dan pelaporan


13.  Upaya kesehatan jiwa
a.   Kegiatan kesehatan jiwa yang terpadu dengan kegiatan pokok puskesmas
b.   Penanganan pasien dengan gangguan jiwa
c.   Kegiatan dalam bentuk penyuluhan serta pembinaan peran serta masyarakat
d.   Pengembangan upaya kesehatan jiwa di puskesmas melalui pengembangan peran serta masyarakat dan pelayanan melalui kesehatan masyarakat
e.   Pencatatan dan pelaporan
14.  Upaya kesehatan mata
a.  Upaya kesehatan mata, pencegaahan kesehatan dasar yang terpadu dengan kegiatan pokok lainnya
b.   Upaya kesehatan mata:
a)          Anamnesa
b)         Pemeriksaan virus dan mata luar, tes buta warna, tes tekan bola mata, tes saluran air mata, tes lapangan pandang, funduskopi dan pemeriksaan labolatorium
c)          Pengobatan dan pemberiaan kacamata
d)         Operasi katarak dan glukoma akut yang dilakukan oleh tim rujukan rumah sakit
e)          Perawatan pos operasi katarak dan glukoma akut
f)           Merujuk kasus yang tak dapat diatasi
g)          Pemberian protesa mata
c.   Peningkatan peran serta masyarakat dalam bentuk penyuluhan kesehatan, serta menciptakan kemandirian masyarakat dalam pemeliharaan kesehatan mata mereka
d.  Pengembangan kesehatan mata masyarakat
e.   Pencatatan dan pelaporan
15.  Labolatorium kesehatan
a.   Di ruangan labolatorium
a)          Penerimaan pasien
b)         Pengambilan spesimen
c)          Penanganan spesimen
d)         Pelaksanaan spesimen
e)          Penanganan sisa spesimen
f)           Pencatatan hasil pemeriksaan
g)          Pengecekan hasil pemeriksaan
h)         Penyampaian hasil pemeriksaan
b.  Terhadap spesimen yang akan dirujuk
a)          Pengambilan spesimen
b)         Penanganan spesimen
c)          Pengemasan spesimen
d)         Pengiriman spesimen
e)          Pengambilan hasil pemeriksaan
f)           Pencatatan hasil pemeriksaan
g)          Penyampaian hasil pemeriksaan
c.   Di ruang klinik dilakukan oleh perawat atau bidan, meliputi:
a)          Persiapan pasien
b)         Pengambilan spesimen
c)          Menyerahkan spesimen untuk diperiksa
d.  Di luar gedung, meliputi:
a)          Melakukan tes skrining Hb
b)         Pengambilan spesimen untuk kemudian dikirim ke labolatorium puskesmas
c)          Memberikan penyuluhan
d)         Pencatatan dan pelaporan
16.  Upaya pencatatan dan pelaporan
a.   Dilakukan oleh semua puskesmas (pembina, pembantu dan keliling)
b.  Pencatatan dan pelaporan mencakup:
-      Data umum dan demografi wilayah kerja puskesmas
-      Data ketenagaan di puskesmas
-      Data kegiatan pokok puskesmas yang dilakukan baik di dalam maupun di luar gedung puskesmas
c.   Laporan dilakukan secara periodik (bulan, triwulan enam bulan dan tahunan)
17.  Upaya pembinaan peran serta masyarakat
Upaya pembinaan peran serta masyarakat dapat dilakukan melalui:
a.   Penggalangan dukungan penentu kebijaksanaan, pimpinan wilayah, lintas sektoral dan berbagai organisasi kesehatan, yang dilakukan melalui dialog, seminar dan lokakarya, dalam rangka komunikasi, informasi dan motivasi dengan memanfaatkan media masa dan system informasi kesehatan
b.  Persiapan petugas penyelenggaraan melalui latihan, orientasi dan sarasehan kepemimpinan dibidang kesehatan


c. Persiapan masyarakat, melalui rangkaian kegiatan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengenal dan memecahkan masalah kesehatan, dengan mengenali dan menggerakkan sumber daya yang dimilikinya, melalui rangkaian kegiatan:
a)       Pendekatan kepada tokoh masyarakat
b) Survey mawas diri masyarakat untuk mengenali masalah kesehatannya
c) Musyawarah masyarakat desa untuk penentuan bersama rencana pemecahan masalah kesehatan yang dihadapi
d.   Pelaksanaan kegiatan kesehatan oleh dan untuk masyarakat melalui kader yang terlatih
e.   Pengembangan dan pelestarian kegiatan oleh masyarakat
18.  Upaya pembinaan pengobatan tradisional
a.   Melestarikan bahan-bahan tanaman yang dapat diginakan untuk pengobatan tradisional
b.   Pengembangan dan pelestarian terhadap cara-cara pengobatan tradisional
19.  Upaya kesehatan remaja
20.  Dana sehat

Siklus Manajemen Puskesmas (Plan-Do-Check-Action/P-D-C-A)

Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Puskesmas tersebut, Puskesmas harus melaksanakan manajemen Puskesmas secara efektif dan efisien. Siklus manajemen Puskesmas yang berkualitas merupakan rangkaian kegiatan rutin berkesinambungan, yang dilaksanakan dalam penyelenggaraan berbagai upaya kesehatan secara bermutu, yang harus selalu dipantau secara berkala dan teratur, diawasi dan dikendalikan sepanjang waktu, agar kinerjanya dapat diperbaiki dan ditingkatkan dalam satu siklus “Plan-Do-Check-Action (P-D-C-A)”.

Siklus Manajemen Puskesmas (sumber Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2016 Tentang Pedoman Manajemen Puskesmas) Siklus Manajemen Puskesmas (sumber Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2016 Tentang Pedoman Manajemen Puskesmas). Contoh tahapan kegiatan siklus manajemen Puskesmas (contoh untuk siklus tahun 2015, 2016, dan 2017), sebagai berikut:
Siklus Manajemen Puskesmas (sumber Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2016 Tentang Pedoman Manajemen Puskesmas)
Sumber; Depkes R.I

1.    Evaluasi kinerja Puskesmas tahun 2015 melalui Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP), dilaksanakan pada Desember 2015
2.    Persiapan penyusunan Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) tahun 2016 berdasarkan Rencana Usulan Kegiatan (RUK) yang telah disetujui dan dibandingkan dengan hasil kinerja Puskesmas tahun 2015, dilaksanakan pada Desember 2015
3.    Analisa situasi dan pelaksanaan Survei Mawas Diri (SMD), Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) sebagai bahan penyusunan RUK tahun 2017 dan Rencana lima tahunan periode 2017 s.d 2021, dengan pendekatan Top-Down dan Bottom-Up, dilaksanakan pada Minggu Kedua Januari 2016
4.    Lokakarya Mini (Lokmin) Bulanan Pertama, dilaksanakan pada Awal Januari 2016, Minggu keempat Januari 2016
5.    Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes), dilaksanakan pada Awal Minggu pertama Februari 2016
6.    Lokmin Bulanan Kedua, dilaksanakan Awal Minggu pertama Februari 2016
7.    Lokmin Triwulan Pertama, dilaksanakan pada Akhir Minggu Pertama Februari 2016
8.    Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangmat), dilaksanakan pada Minggu kedua Februari 2016
9.    Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten/Kota (Musrenbangkab/kota), dilaksanakan pada Maret 2016
Pedoman manajemen Puskesmas ini harus menjadi acuan (pasal 1), khususnya bagi Puskesmas dalam:
1.    Menyusun rencana 5 (lima) tahunan yang kemudian dirinci kedalam rencana tahunan
2.    Menggerakan pelaksanaan upaya kesehatan secara efesien dan efektif
3.    Melaksanakan pengawasan, pengendalian dan penilaian kinerja puskesmas
4.    Mengelola sumber daya secara efisien dan efektif
5.    Menerapkan pola kepemimpinan yang tepat dalam menggerakkan,     memotivasi, dan membangun budaya kerja yang baik serta bertanggung jawab untuk meningkatkan mutu dan kinerjanya.
Sedangkan bagi Dinas kesehatan kabupaten/kota dapat menjadi acuan dalam melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknis manajemen Puskesmas.

Tugas
1.    Buatlah jurnal mengenai konsep Plan-Do-Check-Action (P-D-C-A)”.


BAB II.     Penerapan Fungsi Manajemen (POACE) Pada Tahap Planning  di Puskesmas
  Pendahuluan
A.              STANDART KOMPETENSI:
-       Mampu menjelaskan secara tepat mengenai pedoman manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit
-         Mampu mendeskripsikan ruang lingkup Puskesmas dan Rumah Salit
-         Mampu menguraikan kembali proses manajemen di Puskesmas dan Rumah Sakit
B.            KOMPETENSI DASAR:
-         Mahasiswa  memahami Manajemen Puskesmas Dan Rumah Sakit
C.           INDIKATOR:
-          Menjelaskan secara tepat mengenai batasan perencanaan Puskesmas
-          Menguraikan ruang lingkup Puskesmas
-          Memahami mekanisme perencanaan tingkat Puskesmas
D.           DESKRIPSI MATA KULIAH;
           Mata kuliah ini membahas mengenai pedoman manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit, Batasan dan hal-hal penting yang yang berkaitan dengan pelaksanaan manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit, serta kegiatan yang harus dilaksankan mulai dari planning, organizing, actuating, staffing, controlling  dan evaluasi sehingga mencapai tujuan yang telah direncanakan secara efektif dan efisien. 
Penerapan Fungsi Manajemen (POACE) Di Puskesmas
1.    PLANNING
Pendahuluan
          Perencanaan Puskesmas adalah proses penyusunan kegiatan yang sistematis untuk mengatasi masalah atau sebagian masalah yang dihadapi dalam rangka pencapaian tujuan Puskesmas dalam periode waktu tertentu. Perencanaan tingkat Puskesmas disusun untuk mengatasi masalah kesehatan yang ada di wilayah kerjanya. Perencanaan disusun untuk kebutuhan satu tahun agar Puskesmas mampu melaksanakannya secara efisien, efektif dan dapat dipertanggungjawabkan.
Batasan
- Perencanaan adalah proses penyusunan rencana Puskesmas untuk mengatasi masalah kesehatan di wilayah kerja Puskesmas.
-  Perencanaan merupakan suatu proses kegiatan yang urut yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan memanfaatkan sumberdaya yang tersedia secara berhasil guna dan berdaya guna. Perencanaan Tingkat Puskesmas diartikan sebagai proses penyusunan rencana kegiatan Puskesmas pada tahun yang akan datang yang dilakukan secara sistematis untuk mengatasi masalah atau sebagian masalah kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya.
Ruang Lingkup
          Perencanaan Tingkat Puskesmas mencakup semua kegiatan yang ada di Puskesmas. Perencanaan ini disusun oleh Puskesmas sebagai Rencana Tahunan Puskesmas yang dibiayai oleh Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat serta sumber dana lainnya.
Tahapan perencanaan Tingkat Puskesmas disusun melalui 4 tahap yaitu:
1.    Tahap persiapan
2.    Tahap Analisa Situasi
3.    Tahap penyusunan Rencana Usulan Kegiatan
4.    Tahap penyusunan Rencana Pelaksanaan Kegiatan
Mekanisme Perencanaan Tingkat Puskesmas
a.             Rencana Usulan Kegiatan (RUK)
Langkah pertama dalam mekanisme Perencanaan Tingkat Puskesmas adalah dengan penyusun Rencana Usulan Kegiatan (RUK). Penyusunan Rencana Usulan Kegiatan Puskesmas harus memperhatikan berbagai kebijakan yang berlaku baik secara global, nasional maupun daerah sesuai dengan hasil kajian data dan informasi yang tersedia di Puskesmas. Puskesmas perlu mempertimbangkkan   masukan dari masyarakat melalui berbagai wadah yang ada. Rencana Usulan Kegiatan harus dilengkapi pula dengan usulan pembiayaan untuk  kebutuhan rutin, sarana, prasarana dan operasional Puskesmas.
Rencana Usulan Kegiatan adalah perencanaan kegiatan Puskesmas untuk tahun mendatang, sering disebut dengan istilah H+1.Proses penyusunan RUK disusun pada bulan Januari tahun berjalan (H) berdasarkan hasil kajian pencapaian kegiatan tahun sebelumnya (H-1), serta proses penyusunan RUK telah selesai dilaksankan di Puskesmas pada akhir bulan Januari tahun berjalan (H).
Kemudian Rencana Usulan Kegiatan yang telah disusun dibahas di dinas kesehatan kabupaten/kota, diajukan ke Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota melalui dinas kesehatan kabupaten/kota. Selanjutnya RUK Puskesmas yang terangkum dalam usulan dinas kesehatan kabupaten/kota akan diajukan ke DPRD untuk memperoleh persetujuan pembiayaan dan dukungan politis. Setelah mendapat persetujuan dari DPRD, selanjutnya diserahkan ke Puskesmas melalui dinas kesehatan kabupaten/kota. Berdasarkan alokasi biaya yang telah disetujui tersebut, Puskesmas menyusun Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK). RPK disusun dengan melakukan penyesuaian dan tetap mempertimbangkan masukan dari masyarakat. Penyusunan RPK dilaksanakan pada bulan Januari tahun berjalan, dalam forum Lokakarya Mini yang pertama.
Tahap Penyusunan Perencanaan Tingkat Puskesmas
Penyusunan Perencanaan Tingkat Puskesmas dilakukan melalui 4 (empat) tahap sebagai berikut ;
1.    Tahap Persiapan
Tahap ini mempersiapkan staf Puskesmas yang terlibat dalam proses penyusunan Perencanaan Tingkat Puskesmas agar memperoleh kesamaan pandangan dan pengetahuan untuk melaksanakan tahap-tahap perencanaan. Tahap ini dilakukan dengan cara :
a.     Kepala Puskesmas membentuk Tim Penyusun Perencanaan Tingkat Puskesmas yang anggotanya terdiri dari staf Puskesmas.
b.    Kepala Puskesmas menjelaskan tentang pedoman Perencanaan Tingkat Puskesmas kepada tim agar dapat memahami pedoman tersebut demi keberhasilan penyusunan Perencanaaan Tingkat Puskesmas.
c.     Puskesmas mempelajari kebijakan dan pengarahan yang telah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota, Dinas Kesehatan Propinsi dan Departemen Kesehatan.
2.    Tahap Analisis Situasi
Tahap ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai keadaan dan permasalahan yang dihadapi Puskesmas melalui proses analisis terhadap data yang dikumpulkan. Tim yang telah disusun oleh Kepala   Puskesmas melakukan pengumpulan data. Ada 2 (dua) kelompok data yang perlu dikumpulkan yaitu data umum dan data khusus.
a.     Data Umum :
  • Peta Wilayah Kerja serta Fasilitas Pelayanan (Format-1) Data wilayah mencakup
  • luas wilayah, jumlah desa / dusun / RT/ RW, jarak desa dengan Puskesmas, waktu
b.    Data Sumber Daya Puskesmas (termasuk Puskesmas Pembantu dan Bidan di Desa), mencakup :
1.    Ketenagaan (Format – 2a)
2.    Obat dan bahan habis pakai (Format – 2b)
3.    Peralatan (Format – 2c)
4.    Sumber pembiayaan yang berasal dari pemerintah (Pusat dan Daerah), masyarakat, dan sumber lainnya (Format – 2d)
5.    Sarana dan prasarana, antara lain gedung, rumah dinas, komputer, mesin tik, meubelair, kendaraan (Format – 2e)
6.    Data Peran Serta Masyarakat (Format – 3): Data ini mencakup jumlah Posyandu, kader,dukun bayi dan tokoh masyarakat.
7.    Data Penduduk dan Sasaran Program ( Format – 4): Data penduduk dan sasaran program mencakup : jumlah penduduk seluruhnya berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur (sesuai sasaran program), sosio ekonomi pekerjaan, pendidikan, keluarga   miskin (persentase di tiap desa / kelurahan). Data ini dapat diperoleh di kantor Kelurahan / Desa, Kantor Kecamatan, dan data estimasi sasaran di Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota.
8.    Data sekolah ( Format – 5): Data sekolah dapat diperoleh dari dinas pendidikan setempat, mencakup jenis sekolah yang ada, jumlah siswa, klasifikasi sekolah UKS, jumlah dokter kecil, jumlah guru UKS , dan lainnya.
9.    Data Kesehatan Lingkungan wilayah kerja Puskesmas (Format- 6): Data kesehatan lingkungan mencakup rumah sehat, tempat pembuatan makanan / minuman, tempat-tempat umum, tempat pembuangan sampah, sarana air bersih, jamban keluarga dan sistem pembuangan air limbah
c.        Data Khusus (hasil penilaian kinerja Puskesmas), jenis data ini antara lain meliputi :
1.    Data Status Kesehatan terdiri dari : data kematian (Format -7),Kunjungan Kesakitan (Format – 8), Pola Penyakit yaitu 10 penyakit terbesar yang ditemukan (Format – 9).
2.    Data Kejadian Luar Biasa (Format – 10), dapat dilihat pada Laporan W1 (Simpus).
3.    Data Cakupan Program Pelayanan Kesehatan 1 (satu) tahun terakhir di tiap desa / kelurahan, dapat dilihat dari Laporan Penilaian Kinerja Puskesmas (Format – 11).
4.    Data Hasil survey (bila ada), dapat dilakukan sendiri oleh Puskesmas atau pihak lain (Format – 12).
3.Tahap Penyusunan Rencana Usulan Kegiatan (RUK).
Penyusunan Rencana Usulan Kegiatan (RUK), dilaksanakan dengan memperhatikan beberapa hal, yaitu, bahwa penyusun Rencana Usulan Kegiatan bertujuan untuk mempertahankan kegiatan yang sudah dicapai pada periode sebelumnya dan memperbaiki program yang masih bermasalah serta untuk menyusun rencana kegiatan baru yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan di wilayah tersebut dan kemampuan Puskesmas.
Penyusunan Rencana Usulan Kegiatan ini terdiri dari 2 (dua) langkah,   yaitu  Analisa Masalah dan penyusunan Rencana Usulan Kegiatan.
1.    Analisa Masalah :
Dapat dilakukan melalui kesepakatan kelompok Tim Penyusun Perencanaan Tingkat Puskesmas diantaranya melalui tahapan : identifikasi masalah, Perumusan masalah, dan Merumuskan akar penyebab masalah.
-         Identifikasi masalah :
Masalah merupakan kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Identifikasi masalah dilaksanakan dengan membuat daftar masalah yang dikelompokkan menurut jenis program, cakupan, mutu, ketersediaan sumber daya.
-         Menetapkan urutan prioritas masalah
Mengingat keterbatasan kemampuan mengatasi masalah secara sekaligus, ketidak-tersediaan teknologi atau adanya keterkaitan satu masalah dengan masalah lainnya, maka perlu dipilih masalah prioritas dengan jalan kesepakatan tim. Bila tidak dicapai kesepakatan dapat ditempuh dengan   menggunakan   kriteria lain.
Dalam penetapan urutan prioritas masalah dapat mempergunakan berbagai macam metode seperti kriteria matriks, MCUA, Hanlon, CARL dan sebagainya. Penetapan penggunaan metode  tersebut diserahkan kepada masing-masing Puskesmas.
Merumuskan masalah
Tahap merumuskan masalah mencakup mencakup apa masalahnya, siapa yang terkena masalahnya, berapa      besar masalahnya, dimana masalah itu terjadi dan bila mana masalah itu terjadi (what, who, when, where and how).


Mencari akar penyebab masalah
Mencari akar masalah dapat dilakukan antara lain dengan menggunakan metode:
-         diagram sebab akibat dari Ishikawa (disebut juga diagram tulang ikan karena  digambarkan membentuk tulang ikan),
-         pohon masalah (problem trees)
 Kemungkinan penyebab masalah dapat berasal dari :
-  Input (sumber daya) : jenis dan jumlah alat, obat, tenaga serta prosedur       kerja manajemen alat, obat dan dana.
-  Proses (Pelaksana kegiatan) : frekwensi, kepatuhan pelayanan medis dan non medis.
-  Lingkungan.
Mencari penyebab masalah dengan menggunakan “pohon masalah (problem trees)”
Menetapkan cara-cara pemecahan masalah Untuk menetapkan cara pemecahan masalah dapat dilakukan dengan kesepakatan di antara anggota tim. Bila tidak terjadi kesepakatan dapat digunakan kriteria matriks.  Untuk itu harus  dicari alternatif pemecahan masalahnya.
Apabila Puskesmas mempunyai  kemampuan, identifikasi masalah dapat dilakukan bersama masyarakat melalui pengumpulan data secara langsung di lapangan (Survey Mawas Diri). Tetapi apabila kemampuan tersebut tidak dimiliki oleh Puskesmas, maka identifikasi dilakukan melalui kesepakatan kelompok (Delbecq Technique)  oleh petugas Puskesmas dengan melibatkan masyarakat.
Survey Mawas Diri merupakan kegiatan pengumpulan data untuk mengenali keadaan dan masalah yang dihadapi, serta potensi yang dimiliki untuk mengatasi masalah tersebut. Tahapannya dimulai dari pengumpulan data primer dan data sekunder, pengolahan dan penyajian data masalah dan potensi yang ada. Delbecq Technique adalah perumusan dan identifikasi potensi melalui sekelompok orang yang memahami masalah tersebut. Tahapan pelaksanaannya dimulai dengan pembentukan tim, menyusun daftar masalah, menetapkan kriteria penilaian masalah dan menetapkan urutan prioritas masalah berdasarkan kriteria penilaian .
b.          Penyusunan Rencana Usulan Kegiatan (RUK)
Penyusunan Rencana Usulan Kegiatan  meliputi upaya  kesehatan wajib, upaya  kesehatan pengembangan dan upaya kesehatan penunjang, yang meliputi :
1.    Kegiatan tahun yang akan datang (meliputi kegiatan rutin, sarana/prasarana, operasional dan program hasil analisis masalah).
2.    Kebutuhan Sumber Daya berdasarkan ketersediaan sumber daya yang ada pada tahun sekarang.
3.    Rekapitulasi Rencana Usulan Kegiatan dan sumber daya yang dibutuhkan ke dalam format RUK Puskesmas.
Rencana Usulan Kegiatan disusun dalam bentuk matriks dengan memperhatikan berbagai kebijakan yang berlaku,   baik kesepakatan global, nasional, maupun daerah sesuai dengan masalah yang ada sebagai hasil dari kajian data dan informasi yang tersedia di Puskesmas.
Tahap Penyusunan Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK)
Tahap penyusunan Rencana Pelaksanaan Kegiatan dilaksanakan secara bersama, terpadu dan terintegrasi. Hal ini sesuai dengan azas penyelenggaraan Puskesmas yaitu keterpaduan.
Langkah-langkah penyusunan RPK adalah :
1.    Mempelajari alokasi kegiatan dan biaya yang sudah disetujui.
2.    Membandingkan alokasi kegiatan yang disetujui dengan Rencana Usulan Kegiatan (RUK) yang diusulkan dan situasi pada saat penyusunan RPK.
3.    Menyusun rancangan awal, rincian dan volume kegiatan yang akan dilaksanakan serta sumber daya pendukung menurut bulan dan   lokasi pelaksanaan.
4.Mengadakan Lokakarya Mini Tahunan untuk membahas kesepakatan RPK
5.    Membuat RPK yang telah disusun dalam bentuk matriks.


T u g a s
1.                Buatlah format Rencana Usulan Kegitan di Puskesmas
2.                Buatlah Matrik Pelaksanaan Kegiatan Puskesmas
3.                Buatlah perumusan masalah kesehatan dengan menggunakan metode USG (Urgency seriousness growth), analisis pohon masalah (problem trees), diagram tulang ikan. 
Hasil gambar untuk gambar matrik perencanaan kegiatan dinas kesehatan

xxs
BAB III.    Penerapan Fungsi Manajemen (POACE) Pada Tahap Organising di Puskesmas
1.    Pendahuluan
A.              STANDART KOMPETENSI:
-         Mampu menjelaskan secara tepat mengenai pedoman manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit
-         Mampu mendeskripsikan ruang lingkup Puskesmas dan Rumah Salit
-         Mampu menguraikan kembali proses manajemen di Puskesmas dan Rumah Sakit
B.            KOMPETENSI DASAR:
-         Mahasiswa  memahami Manajemen Puskesmas
C.           INDIKATOR:
-         Mampu mendeskripsikan pengorganisasian di Puskesmas
-         Mampu menjelaskan defenisi pengorganisasian di Puskesmas
-         Mampu menyebutkan kembali fungsi pengorganisasian Puskesmas
-         Mampu menguraikan pengorganisasian di Puskesmas
-         Mampu mengidentifikasi pola struktur di Puskesmas
-         Mampu menyebutkan kembali pelayanan yang ada di Puskesmas


D.           DESKRIPSI MATA KULIAH;
           Mata kuliah ini membahas mengenai pedoman manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit, Batasan dan hal-hal penting yang yang berkaitan dengan pelaksanaan manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit, serta kegiatan yang harus dilaksankan mulai dari planning, organizing, actuating, staffing, controlling  dan evaluasi sehingga mencapai tujuan yang telah direncanakan secara efektif dan efisien.  


Bab III. Penerapan Fungsi Manajemen (POACE) Di Puskesmas
2.    ORGANIZING

Pendahuluan
          Menurut Endang S, Pengorganisasian Puskesmas adalah struktur organisasi dan tata kerja Puskesmas yang merupakan perpaduan antara kegiatan dan tenaga pelaksanan Puskesmas. Struktur organisasi puskesmas menetapkan bagaimana tugas akan dibagi, siapa melapor siapa, dan mekanisme koordinasi formal serta pola interaksi yang akan diikuti.
          Adapun faktor-faktor yang menentukan perancangan struktur organisasi Puskesmas adalah :
1.    Strategi untuk mencapai tujuan Puskesmas. Strategi akan menjelaskan bagaimana aliran wewenang dan saluran komunikasi dapat disusun diantara pimpinan dengan pegawai Puskesmas.
2.    Ukuran organisasi Puskesmas. Besarnya organisasi Puskesmas secara keseluruhan maupun unit kerja fungsional akan mempengaruhi struktur organisasi Puskesmas.
3.    Tingkat penggunaan teknologi, yaitu tingkat rutinitas penggunaan teknologi oleh Puskesmas untuk memberikan jasa layanan kesehatan Puskesmas. Pada layanan kesehatan dengan menggunakan  teknologi tinggi akan memerlukan tingkat standarisasi dan spesialisasi yang lebih tinggi dibanding dengan pelayanan kesehatan dasar.
4.    Tingkat ketidakpastian lingkungan organisasi Puskesmas.
5.    Preferensi(kesukaan) yang menguntungkan pribadi dari individu atau kelompok yang memegang kekuasaan dan kontrol dalam organisasi Puskesmas.
6.    Pegawai dan stakeholder dalam organisasi Puskesmas. Kemampuan dan cara berfikir para pegawai dan  stakeholder Puskesmas serta kebutuhan mereka untuk bekerjasama harus diperhatikan dalam merancang struktur organisasi Puskesmas. Kebutuhan pegawai dan stakeholder Puskesmas dalam pembuatan keputusan akan mempengaruhi saluran komunikasi, wewenang dan hubungan diantara unit-unit kerja fungsional.(Endang S.2011)

Defenisi
           Pengorganisasian tingkat Puskesmas didefinisikan sebagai
proses penetapan pekerjaan pokok untuk dikerjakan, pengelompokan pekerjaan, pendistribusian otoritas/wewenang dan pengintegrasian semua tugas tdan sumber daya untuk mencapai tujuan Puskesmas secara efektif dan efisien. Secara aplikatif pengorganisasian tingkat Puskesmas adalah pengaturan pegawai Puskesmas dengan mengisi struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) Puskesmas yang ditetapkan oleh Peraturan Daerah Kabupaten/Kota disertai dengan pembagian tugas dan tanggung jawab serta uraian tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), serta pengaturan dan pengintegrasian tugas dan sumber daya Puskesmas untuk melaksanakan kegiatan dan program Puskesmas dalam rangka mencapai tujuan Puskesmas.
Fungsi Dan Beberapa hal Dalam Pengorganisasian di Puskesmas
          Berdasarkan definisi tersebut, fungsi pengorganisasian Puskesmas merupakan alat untuk memadukan (sinkronisasi) dan mengatur semua kegiatan yang dihubungkan dengan personil/pegawai, finansial, material, dan metode Puskesmas untuk mencapai tujuan Puskesmas yang telah disepakati bersama antara pimpinan dan pegawai Puskesmas. Pengorganisasian Puskesmas meliputi hal-hal berikut (Sulaeman, 2009):
1.    Cara manajemen Puskesmas merancang struktur formal Puskesmas untuk penggunaan sumber daya Puskesmas secara efisien,
2.    Bagaimana Puskesmas mengelompokkan kegiatannya, dimana setiap pengelompokkan diikuti penugasan seorang penanggung jawab program yang diberi wewenang mengawasi stafnya.
3.    Hubungan antara fungsi, jabatan, tugas, dan pegawai Puskesmas.
4.    Cara pimpinan Puskesmas membagi tugas yang harus dilaksanakan dalam unit kerja dan mendelegasikan wewenang untuk mengerjakan tugas tersebut.

Pengorganisasian Puskesmas
          Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 128/Menkes/SK/II/2004, bahwa untuk dapat terlaksananya rencana kegiatan Puskesmas, perlu dilakukan pengorganisasian. Ada dua macam pengorganisasian yang harus dilakukan.
1.   Pengorganisasian berupa penentuan para penanggungjawab dan para pelaksana untuk setiap kegiatan serta untuk setiap satuan wilayah kerja. Dengan perkataan lain, dilakukan pembagian habis seluruh program kerja dan seluruh wilayah kerja kepada seluruh petugas puskesmas dengan mempertimbangkan kemampuan yang dimilikinya. Penentuan para penanggungjawab ini dilakukan melalui pertemuan penggalangan tim pada awal tahun kegiatan.
2.   Pengorganisasian berupa penggalangan kerjasama tim secara lintas sektoral. Ada dua bentuk penggalangan kerjasama yang dapat dilakukan:
a.        Penggalangan kerjasama dalam bentuk dua pihak, yakni antara dua sektor terkait, misalnya antara puskesmas dengan sektor tenaga kerja pada waktu menyelenggarakan upaya kesehatan kerja.
b.       Penggalangan kerjasama dalam bentuk banyak pihak, yakni antar berbagai sektor terkait, misalnya antara puskesmas dengan sektor pendidikan, sektor agama, sektor kecamatan pada waktu menyelenggarakan upaya kesehatan sekolah.
Penggalangan kerjasama lintas sektor ini dapat dilakukan:
a.     Secara langsung yakni antar sektor terkait.
b.    Secara tidak langsung yakni dengan memanfaatkan pertemuan koordinasi kecamatan (Keputusan Menteri Kesehatan, 2004).
          Ada 2 (dua) hal yang perlu pengorganisasian tingkat Puskesmas, yakni:
1. Pengaturan berbagai kegiatan yang ada di dalam RO (Rancangan Operasional) Puskesmas, sehingga membentuk satu kesatuan program yang terpadu dan sinergi untuk mencapai tujuan Puskesmas.
2.    Pengorganisasian pegawai Puskesmas, yaitu pengaturan tugas dan tanggung jawab setiap pegawai Puskesmas, sehingga setiap kegiatan dan program mempunyai penanggung jawabnya.
     Dengan memahami fungsi pengorganisasian Puskesmas akan lebih memudahkan mempelajari fungsi penggerakan dan pelaksanaan (actuating/aktuasi) dan akan diketahui gambaran pembimbingan dan pengarahan yang diperlukan oleh pegawai Puskesmas sesuai dengan pembagian tugas dan tanggung jawab (Sulaeman, 2009).

Pengorganisasian Kegiatan SP2TP
     Untuk kelancaran kegiatan SP2TP di Puskesmas, maka dibentuk pengorganisasian yang terdiri dari: (Ahmad, 2005).
·          Penanggung Jawab (Kepala Puskesmas)
Tugas penanggung jawab adalah memberikan bimbingan kepada koordinator SP2TP dan para pelaksana kegiatan di Puskesmas.
·          Koordinator (Petugas yang ditunjuk Kepala Puskesmas)
      Koordinator SP2TP bertugas:
1.       Mengumpulkan laporan dari masing-masing pelaksana kegiatan.
2.       Bersama dengan para pelaksana kegiatan membuat laporan bulanan SP2TP dan mengirimkan laporan tersebut ke Dinas Kesehatan Dati II paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya.
3.    Bersama dengan para pelaksana kegiatan membuat laporan tahunan SP2TP dan mengirimkan laporan tersebut ke Dinas Dati II paling lambat 31 Januari tahun berikutnya.
4.    Menyimpan arsip laporan SP2TP dari masing-masing pelaksana kegiatan.
5.    Bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan SP2TP kepada Kepala Puskesmas.
6.       Mempersiapkan pertemuan berkala setiap 3 bulan yang dipimpin oleh Kepala Puskesmas dengan pelaksanaan kegiatan untuk menilai pelksanaan kegiatan SP2TP.
·       Anggota (Pelaksana Kegiatan di Puskesmas)
Pelaksana kegiatan SP2TP bertugas:
1.    Mencatat setiap kegiatan pada kartu individu dan register yang ada.
2.    Mengadakan bimbingan terhadap Puskesmas Pembantu dan Bidan di Desa.
3.       Melakukan rekapitulasi data dari hasil pencatatan dan laporan Puskesmas Pembantu serta Bidan di Desa menjadi laporan kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya. Hasil dari rekapitulasi ini merupakan bahan untuk mengisi/membuat laporan SP2TP.
4.       Setiap tanggal 5 mengisi/membuat laporan SP2TP dari  hasil kegiatan masing-masing dalam 2 rangkap dan disampaikan kepada coordinator SP2TP Puskesmas. Dengan rincian satu rangkap untuk arsip coordinator SP2TP Puskesmas dan satu rangkap oleh Koordinator SP2TP Puskesmas disampaikan ke Dinas Kesehatan Dati II.
5.       Mengolah dan memanfaatkan data hasil rekapitulasi untuk tindak lanjut yang diperlukan dalam rangka meningkatkan kinerja kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya.
6.    Bertanggung jawab atas kebenaran isi laporan kegiatannya.

Pola Struktur Puskesmas
          Pembuatan pola struktur organisasi Puskesmas dapat mengacu pada Kebijakan Dasar Puskesmas (Keputusan Menteri Kesehatan RI No.128/Menkes/SK/II/2004), menetapkan pola struktur organisasi Puskesmas sebagai berikut :
          Kepala Puskesmas, yaitu  seorang sarjana di bidang kesehatan yang kurikulum pendidikannya mencakup kesehatan masyarakat. Struktur tergantung jenis kegiatan dan beban kerja. Unit Tata Usaha yang bertanggung jawab membantu Kepala Puskesmas dalam mengelola:
1.    Data dan informasi
2.    Perencanaan dan penilaian
3.    Keuangan
4.    Umum dan kepegawaian
Unit pelaksana teknis fungsional yaitu;
1.    Staf teknis untuk upaya kesehatan perorangan
2.    Upaya kesehatan masyarakat, termasuk pembinaan UKBM (Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat)

Pelayanan Di Puskesmas
Jaringan pelayanan, meliputi :
1)     Puskesmas pembantu
          Adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan bersifat menunjang dan membantu melaksanakan kegiatan puskesmas yang ruang lingkupnya lebih kecil. Pustu secara umum melaksanakan pelayanan di bawah puskesmas induk dengan wilayah kerja antara 2-3 desa. Sasaran pelayanan kesehatan sekitar 2500 jiwa (untuk luar jawa), dan 10.000 jiwa (untuk p.jawa dan bali)
2)     Puskesmas keliling
          Adalah salah satu kegiatan puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan memberikan pelayanan di daerah terpencil. Kegiatan pusling, yaitu :
1.    Melakukan penyelidikan kejadian luar biasa (KLB)
2.    Sebagai alat transportasi penderita untuk rujukan.
3.    Melakukan penyuluhan kesehatan menggunakan audio visual
3)     Bidan di Desa/komunitas.
          Adalah salah satu kegiatan pelayanan kesehatan maupun penyuluhan di desa/kelurahan oleh tenaga Bidan yang ditunjuk oleh Puskesmas Induk.
4)     Posyandu
          Merupakan kegiatan keterpaduan antara Puskesmas dan masyarakat di tingkat desa yang diwujudkan dalam bentuk Pos Pelayanan Terpadu. Semula Posyandu adalah pusat kegiatan masyarakat dimana masyarakat dapat sekaligus memperoleh pelayanan KB dan kesehatan.
          Dalam pengembangannya Posyandu dapat dibina menjadi forum komunikasi dan pelayanan di masyarakat, antara sektor yang memadukan kegiatan pembangunan sektoralnya dengan kegiatan masyarakat, untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memecahkan masalah melalui alih teknologi. Satu Posyandu sebaiknya melayani sekitar 100 balita (120 kepala keluarga), atau sesuai dengan kemampuan petugas dan keadaan setempat.

Hasil gambar untuk gambar struktur organisasi UPT puskesmas kec Turi
 Tugas

1.       Diskusikan materi ini dengan kelompok anda
2.       Buatlah kesimpulan dari materi ini


BAB IV.    Penerapan Fungsi Manajemen (POACE) Pada Tahap Actuating di Puskesmas
1.    Pendahuluan
A.        STANDART KOMPETENSI:
-     Mampu menjelaskan secara tepat mengenai pedoman manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit
-         Mampu mendeskripsikan ruang lingkup Puskesmas dan Rumah Salit
-         Mampu menguraikan kembali proses manajemen di Puskesmas dan Rumah Sakit
B.            KOMPETENSI DASAR:
-         Mahasiswa  memahami Manajemen Puskesmas Dan Rumah Sakit
C.           INDIKATOR:
-         Memahami konsep actuating
-         Mampu menjelaskan kembali mengenai pengertian actuating
-         Mampu menyebutkan kembali tujuan actuating
-         Mampu mendeskripsikan fungsi actuating
-         Mampu menguraikan factor yang diperlukan dalam actuating
-         Mampu menyebutkan kembali fungsi actuating di Puskesmas

D.           DESKRIPSI MATA KULIAH;
           Mata kuliah ini membahas mengenai pedoman manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit, Batasan dan hal-hal penting yang yang berkaitan dengan pelaksanaan manajemen Puskesmas dan

 Rumah Sakit, serta kegiatan yang harus dilaksankan mulai dari planning, organizing, actuating, staffing, controlling  dan evaluasi sehingga mencapai tujuan yang telah direncanakan secara efektif dan efisien. 




Penerapan Fungsi Manajemen (POACE) Di Puskesmas
3.Actuating

Pendahuluan
Actuating adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran yang sesuai dengan perencanaan manejerial dan usaha-usaha organisasi. Jadi actuating artinya menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau dengan kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan.
Actuating adalah Pelaksanaan untuk bekerja. Untuk melaksanakan secara fisik kegiatan dari aktivitas tesebut, maka manajer mengambil tindakan-tindakannya kearah itu. Seperti : Leadership ( pimpinan ), perintah, komunikasi dan conseling( nasehat). Actuating disebut juga“ gerakan aksi “ mencakup kegiatan yang dilakukan seorang manager untuk mengawali dan melanjutkan kegiatan yang ditetapkan oleh unsur-unsur perencanaan dan pengorganisasian agar tujuan dapat tercapai.
          Dengan kata lain actuating adalah suatu usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan berpedoman pada perencanaan (planing) dan usaha perorganisasian.




Pengertian Actuating menurut para ahli
Terry
Actuating berarti merangsang anggota kelompok melaksanakan tugas dengan antusias dan kemampuan yang baik. Tugas menggerakan dilakukan oleh seorang pemimpin.
Keith Davis
             Merupakan kemampuan membujuk orang untuk melakukan tugas yang telah ditetapkan dengan penuh semangat. Setelah perencanaan dan pengorganisasian selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya yang perlu ditempuh dalam manajemen adalah mewujudkan rencana tersebut dengan mempergunakan organisasi yang terbentuk. Langkah tersebut adalah actuating yang secara harfiah diartikan sebagai memberi bimbingan namun istilah tersebut lebih condong diartikan penggerak atau pelaksanaan.

Tujuan pergerakan (actuating)
1.       Menciptakan kerjasama yang lebih efisien
2.       Mengembangkan kemampuan dan keterampilan staf
3.       Menumbuhkan rasa memiliki dan menyukai pekerjaan
4.       Mengusahakan suasana lingkungan kerja yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi kerja staf
5.       Membuat organisasi berkembang lebih dinamis



Fungsi penggerakan
Secara praktis fungsi actuating ini merupakan usaha untuk menciptakan iklim kerjasama diantara staf pelaksana program sehingga tujuan organisasi dapat tercapai secara efektif dan efisien.
Fungsi aktuating haruslah dimulai dari diri manager dengan menunjukkan kepada staf bahwa dia memiliki tekat untuk mencapai kemajuan dan peka terhadap lingkungannya. Ia harus memiliki kemampuan kerjasama, harus bersikap obyektif.
fungsi penggerakan yaitu:
1.    Koordinasi kegiatan
Untuk setiap kegiatan yang akan diterapkan sesuai rencana, manajemen harus memastikan bahwa semua kegiatan sebelumnya telah dilaksanakan tepat pada waktunya. Untuk mengkoordinasi pekerjaan tim kesehatan, pekerja kesehatan yang bertugas harus :
-         Mengkoordinasikan fungsi para aggota tim kesehatan
-         Mengkoordinasikan kegiatan
-         Menyampaikan keputusan
-         Penempatan orang dalam jumlah, waktu dan tempat yang tepat meliputi mengorganisasikan, mengarahkan dan mengawasi
-         Mobilisassi dan alokasi sumber daya fisik dan dana yang diperlukn meliputi :
a.     Pemantauan dan pengawasan
b.    Logistik ( perolehan, penyaluran, penyimpanan, pengiriman, penyebaran dan pengembalian barang )
c.     Akuntasi
d.    Organisasi
2.          Keputusan yang berkenaan dengan informasi yang diperlukan Berkaitan dengan pembuatan keputusan secara umum dan khusus dengan koordinasi kegiatan, manajemen tenaga kerja dan sumber daya selama penerapan.

 Faktor yang diperlukan dalam penggerakan
 Kepemimpinan (Leadership)
Kepemimpinan adalah kegiatan untuk mempengaruhi orang-orang agar berusaha dengan ikhlas untuk mencapai tujuan bersama. Seorang manajer yang tidak memiliki kepemimpinan tidak akan mampu untuk mempengaruhi bawahannya untuk bekerja, sehingga manajer yang demikian akan gagal dalam usahanya. Sifat kepemimpinan menurut Harold koontz, diantaranya sebagai berikut :
-     Memiliki  kecerdasan orang-orang yang dipimpin
-     Mempunyai perhatian terhadap kepentingan yang menyeluruh
-      Memiliki kelancaran dalam berbicara
-      Matang dalam berpikir dan emosi
-      Memiliki dorongan yang kuat dari dalam untuk memimpin

Fungsi actuating di PUSKESMAS
Agar perawatan kesehatan masyarakat dapat berjalan secara berhasil guna dan berdaya guna, maka dilakukan lokakarya mini puskesmas pada tingkat puskesmas atau di masyarakat yang mencakup :
1.    Menetapkan pembagian wilayah binaan
2.    Menetapkan penanggung jawab dan pelaksana kegiatan
3.    Menetapkan uraian tugas koordinator dan pelaksana puskesmas
4.    Koordinasi lintas program dan lintas sektoral dari instansi terkait
5.    Peningkatan pengetahuan dan keterampilan petugas puskesmas
6.    Menggerakkan partisipasi masyarakat/peran serta masyarakat dan pembinaan kader, daa wisma, dukun bayi,dll
7.    Menyediakan kesempatan konsultasi kepada koordinator, penanggung jawab daerah binaan atau pelaksana puskesmas
8.    Pimpinan puskesmas melaksanakan bimbingan teknis kegiatan puskesmas kepada koordinator dan penanggung jawab daerah binaan termasuk pelaksanaan puskesmas. Penerapan proses keperawatan dapat meminta bantuan tim penilaian atau kepada institusi pendidikan
9.    Pengembangan kegiatan - kegiatan inovatif sesuai kemampuan daerah/masyarakat.

Tugas
1.          Diskusikan materi ini bersama kelompok
2.          Berdasarkan pembahasan materi ini, berikan alasan atau penjelasan secara rinci mengapa actuating sangat penting dalam sebuah organisasi khususnya Puskesmas

 BAB V.     Penerapan Fungsi Manajemen (POACE) Pada Tahap Controlling di Puskesmas
1.    Pendahuluan
A.              STANDART KOMPETENSI:
-         Mampu menjelaskan secara tepat mengenai pedoman manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit
-         Mampu mendeskripsikan ruang lingkup Puskesmas dan Rumah Salit
-         Mampu menguraikan kembali proses manajemen di Puskesmas dan Rumah Sakit
B.            KOMPETENSI DASAR:
-         Mahasiswa  memahami Manajemen Puskesmas Dan Rumah Sakit
C.           INDIKATOR:
-         Memahami konsep Pengawasan (controlling)
-         Mampu menjelaskan kembali mengenai batasan Pengawasan (controlling)
-         Mampu menyebutkan dan menguaraikan kembali jenis Pengawasan (controlling)
-         Mampu menyebutkan kembali aspek kegiatan Pengawasan (controlling)
-         Mampu mendeskripsikan tujuan Pengawasan (controlling)



D.           DESKRIPSI MATA KULIAH;
           Mata kuliah ini membahas mengenai pedoman manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit, Batasan dan hal-hal penting yang yang berkaitan dengan pelaksanaan manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit, serta kegiatan yang harus dilaksankan mulai dari planning, organizing, actuating, staffing, controlling  dan evaluasi sehingga mencapai tujuan yang telah direncanakan secara efektif dan efisien. 















Penerapan Fungsi Manajemen (POACE) Di Puskesmas
4. CONTROLLING / PENGAWASAN
Pendahuluan
        Pengawasan (controlling) sebagai elemen atau fungsi keempat manajemen ialah mengamati dan mengalokasikan dengan tepat mengenai penyimpangan yang terjadi.
        Controlling dalam manajemen puskesmas merupakan indikator keberhasilan puskesmas yang meliputi dua faktor yaitu menjadi indikator pencapaian sehat meliputi lingkungan, perilaku masyarakat, layanan kesehatan dan status kesehatan meliputi KEP balita, insiden penyakit yang berbasis lingkungan dan kesehatna ibu dan anak. Selain itu juga merupakan indicator penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan keluarga, pelayanan kesehatan tingkat pertama.
        Kontrol kualitas Merupakan suatu upaya organisasi dalam menyediakan pelayanan yang memenuhi standar professional dan dapat diterima oleh klien.
§  Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakaian jasa pelayanan kesehatan sesuai dengan tingkat kepuasan rata – rata penduduk, serta yang penyelenggaraannya sesuai dengan standar atau kode etik profesi yang telah ditetapkan (Azwar, 1996).

Batasan
-            Controlling adalah proses dalam menetapkan ukuran kinerja dan pengambilan tindakan yang dapat mendukung pencapaian hasil yang diharapkan sesuai dengan kinerja yang telah ditetapkan tersebut (Controlling is the process of measuring performance and taking action to ensure desired results).
-         Controlling (Pengawasan) adalah proses untuk memastikan bahwa segala aktifitas yang terlaksana sesuai dengan apa yang telah direncanakan.
-            Controlling (Pengawasan) adalah suatu upaya yang sistematik untuk menetapkan kinerja standar pada perencanaan untuk merancang sistem umpan balik informasi, untuk membandingkan kinerja aktual dengan standar yang telah ditentukan,
Dari beberapa pendapat tersebut diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pengawasan merupakan hal penting dalam menjalankan suatu perencanaan. Dengan adanya pengawasan maka perencanaan yang diharapkan oleh manajemen dapat terpenuhi dan berjalan dengan baik.
Dari segi manajerial, pengawasan mengandung makna pula sebagai: “pengamatan atas pelaksanaan seluruh kegiatan unit organisasi yang diperiksa untuk menjamin agar seluruh pekerjaan yang sedang dilaksanakan sesuai dengan rencana dan peraturan.” atau “suatu usaha agar suatu pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan, dan dengan adanya pengawasan dapat memperkecil timbulnya hambatan, sedangkan hambatan yang telah terjadi dapat segera diketahui yang kemudian dapat dilakukan tindakan perbaikannya.”       
        Hasil pengawasan ini harus dapat menunjukkan sampai di mana terdapat kecocokan dan ketidakcocokan dan menemukan penyebab ketidakcocokan yang muncul. Dalam konteks membangun manajemen pemerintahan publik yang bercirikan good governance (tata kelola pemerintahan yang baik). Dalam kaitannya dengan akuntabilitas publik, pengawasan merupakan salah satu cara untuk membangun dan menjaga legitimasi warga masyarakat terhadap kinerja pemerintahan dengan menciptakan suatu sistem pengawasan yang efektif, baik pengawasan intern (internal control) maupun pengawasan ekstern (external control).
Jenis Controlling (Pengawasan)
Pengawasan Puskesmas dibedakan menjadi dua, yaitu pengawasan internal dan eksternal.
-         Pengawasan internal adalah pengawasan yang dilakukan oleh Puskesmas sendiri, baik oleh Kepala Puskesmas, tim audit internal maupun setiap penanggung jawab dan pengelola/pelaksana program.
-         Adapun pengawasan eksternal dilakukan oleh instansi dari luar Puskesmas antara lain dinas kesehatan kabupaten/kota, institusi lain selain Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, dan/atau masyarakat.

Aspek Controlling (Pengawasan)
 Mencakup:
-         Administrative
-         Sumber daya
-         Pencapaian kinerja program,
-         Teknis pelayanan.
Apabila ditemukan adanya ketidaksesuaian baik terhadap rencana, standar, peraturan perundangan maupun berbagai kewajiban yang berlaku perlu dilakukan pembinaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pengawasan dilakukan melalui kegiatan supervisi yang dapat dilakukan secara terjadwal atau sewaktu-waktu.

Tujuan dari Controlling (Pengawasan)
1.    Mengetahui sejauh mana pelaksanaan pelayanan kesehatan, apakah sesuai dengan standar atau rencana kerja, apakah sumber daya telah ada dan digunakan sesuai dengan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien.
2.    Mengetahui adanya kendala, hambatan/tantangan dalam melaksanakan pelayanan kesehatan, sehingga dapat ditetapkan pemecahan masalah sedini mungkin.
3.    Mengetahui adanya penyimpangan pada pelaksanaan pelayanan kesehatan sehingga dapat segera dilakukan klarifikasi.
4.     Memberikan informasi kepada pengambil keputusan tentang adanya penyimpangan dan penyebabnya, sehingga dapat mengambil keputusan untuk melakukan koreksi pada pelaksanaan kegiatan atau program terkait, baik yang sedang berjalan maupun pengembangannya di masa mendatang.
5.    Memberikan informasi/laporan kepada pengambil keputusan tentang adanya perubahan-perubahan lingkungan yang harus ditindak lanjuti dengan penyesuaian kegiatan.
6.  Memberikan informasi tentang akuntabilitas pelaksanaan dan hasil kinerja program/kegiatan kepada pihak yang berkepentingan, secara kontinyu dan dari waktu ke waktu. 
 Hasil gambar untuk gambar alur aktifasi manajemen puskesmas

 Tugas

1.          Diskusikan Materi ini
2.          Please answer the question
§   Jelaskan batasan Pengawasan (controlling)
§   Sebutkan jenis Pengawasan (controlling)
§   Sebutkan aspek kegiatan Pengawasan (controlling)
§   Deskripsikan tujuan dari Pengawasan (controlling)

 BAB VI.    Penerapan Fungsi Manajemen (POACE) Pada Tahap EVALUASI  di Puskesmas
1.    Pendahuluan
A.           STANDART KOMPETENSI:
-         Mampu menjelaskan secara tepat mengenai evaluasi/penilaian Puskesmas
-         Mampu  mendeskripsikan kembali tujuan evaluasi/penilaian
-         Mampu menguraikan kembali ruang lingkup evaluasi/penilaian Puskesmas
-         Mampu  menjelaskan kembali standard keberhasilan program di Puskesmas
-         Mampu  memahami dan menyebutkan  Indicator keberhasilan Puskesmas

B.           KOMPETENSI DASAR:
-         Mahasiswa  memahami Manajemen Puskesmas Dan Rumah Sakit

C.           INDIKATOR:
-         Memahami batasasan evaluasi
-         Menyebutkan tujuan penilaian /evaluasi kinerja
-         Menguraikan Ruang Lingkup penilaian /evaluasi kinerja
-         Menjelaskan Standar Keberhasilan Program Puskesmas
-         Menjelaskan Indikator keberhasilan Manajemen Puskesmas

D. 
DESKRIPSI MATA KULIAH:
           Mata kuliah ini membahas mengenai pedoman manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit, Batasan dan hal-hal penting yang yang berkaitan dengan pelaksanaan manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit, serta kegiatan yang harus dilaksankan mulai dari planning, organizing, actuating, staffing, controlling  dan evaluasi sehingga mencapai tujuan yang telah direncanakan secara efektif dan efisien. 


Penerapan Fungsi Manajemen (POACE) Di Puskesmas
EVALUATION/PENILAIAN
Batasan
          Evaluasi dilakukan untuk mengetahui penyimpangan yang terjadi dan tidak diinginkan kemudian diperbaiki sehingga  tujuan dapat tercapai sesuai harapan
Evaluasi/Penilaian Kinerja Puskesmas adalah suatu proses yang obyektif dan sistematis dalam mengumpulkan, menganalisis dan menggunakan informasi untuk menentukan seberapa efektif dan efisien pelayanan Puskesmas disediakan, serta sasaran yang dicapai sebagai penilaian hasil kerja/prestasi Puskesmas. Penilaian Kinerja Puskesmas dilaksanakan oleh Puskesmas dan kemudian hasil penilaiannya akan diverifikasi oleh dinas kesehatan kabupaten/kota.
Penilaian Kinerja Puskesmas adalah suatu upaya untuk melakukan penilaian hasil kerja/prestasi Puskesmas. laporan kinerja yang telah dibuat merupakan gambaran dari situasi dan kondisi yang ada di Puskesmas, baik dari segi sarana – prasarana dan sumber daya manusia yang ada, sehingga dari hasil yang ada dapat dinilai kinerja dari Puskesmas itu sendiri.
Pelaksanaan penilaian dimulai dari tingkat Puskesmas sebagai instrument mawas diri karena setiap puskesmas melakukan penilaian kinerjanya secara mandiri, kemudian Dinas Kesehatan Kabupaten  melakukan verifikasi hasilnya.


Tujuan dilaksanakannya penilaian kinerja adalah agar Puskesmas:
1.     Mendapatkan gambaran tingkat kinerja Puskesmas (hasil cakupan kegiatan, mutu kegiatan, dan manajemen Puskesmas) pada akhir tahun kegiatan.
2.     Mendapatkan masukan untuk penyusunan rencana kegiatan di tahun yang akan datang.
3.  Dapat melakukan identifikasi dan analisis masalah, mencari penyebab dan latar belakang serta hambatan masalah kesehatan di wilayah kerjanya berdasarkan adanya kesenjangan pencapaian kinerja.
4.     Mengetahui dan sekaligus dapat melengkapi dokumen untuk persyaratan akreditasi Puskesmas.
5.     Dapat menetapkan tingkat urgensi suatu kegiatan untuk dilaksanakan segera pada tahun yang akan datang berdasarkan prioritasnya.
Diharapkan dengan adanya laporan kinerja dapat menjadi umpan balik bagi pelaksanaan program di Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten untuk ikut serta dalam pembangunan kesehatan.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup penilaian Kinerja Puskesmas meliputi penilaian pencapaian hasil pelaksanaan pelayanan kesehatan, manajemen Puskesmas dan mutu pelayanan. Secara garis besar lingkup penilaian kinerja Puskesmas tersebut berdasarkan pada upaya-upaya Puskesmas dalam menyelenggarakan :
1. Pelayanan Kesehatan ;
·          Upaya Kesehatan Wajib.

·          Upaya Kesehatan Pengembangan.
2. Pelaksanaan Manajemen Puskesmas dalam penyelenggaraan kegiatan, meliputi :
·       Proses penyusunan perencanaan, pelaksanaan mini lokakarya dan pelaksanaan penilaian kinerja.
·       Manajemen sumber daya termasuk manajemen alat, obat, keuangan, dll.
3. Mutu Pelayanan :
·       Penilaian input pelayanan berdasarkan standar yang ditetapkan.
·       Penilaian proses pelayanan dengan menilai tingkat kepatuhannya terhadap   standar pelayanan yang telah ditetapkan.
·       Penilaian output pelayanan berdasarkan upaya kesehatan yang diselenggarakan, dimana masing – masing program kesehatan mempunyai indikator mutu tersendiri.
·       Penilaian out come pelayanan antara lain melalui pengukuran tingkat kepuasan pengguna jasa pelayanan Puskesmas.
Standar Keberhasilan Program Puskesmas
          Dinkes Kabupaten / Kota dan propinsi secara rutin menetapkan target atau standart keberhasilan masing-masing kegiatan progam. Standart pelaksanaan progam merupakan standart untuk kerja (Standart Performance). Staf standart untuk kerja merupakan ukuran kualitatif keberhasilan progam. Tingkat keberhasilan progam secara kuantitatif diukur dengan membandingkan target yang sudah ditetapkan dengan output (cakupan pelayanan) kegiatan progam. Secara kualitatif keberhasilan progam diukur dengan membandingkan standart prosedur
kerja untuk masing-masing kegiatan progam dengan penampilan (kemampuan) staf dalam melaksanakan kegiatan masing-masing progam. Cakupan progam dapat dianalisis secara langsung oleh staf puskesmas dengan menganalisis data harian setiap kegiatan progam.
Perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat (effect progam) dan dampak progam (impact) seperti tingkat kematian, kesakitan (termasuk gangguan gizi), tingkat kelahiran dan kecacatan tidak diukuar secara langsung oleh puskesmas. Dampak progam diukur setiap lima tahun melalui survei kesehatan rumah tangga (SKRT) atau surkesmas (Survei Kesehatan Nasional) Depkes. Khusus untuk perkembangan masalah gizi dipantau setiap lima tahun, tetapi hanya sampai tingkat kabupaten. Standart pelayanan minimal progam kesehatan pokok mulai diterapkan oleh Depkes tahun 2003 untuk menjamin bahwa dilaksanakan tugas utama pemerintah menyediakan pelayanan kesehatan masyarakat yang essensial di daerah.
          Indikator derajat kesehatan masyarakat yang paling peka untuk menilai dampak progam kesehatan adalah IMR (Infant Mortality rate), MMR (Maternal Mortality Rate), dan BR (Birth Rate). Untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, empat progam pokok perlu lebih diprioritaskan oleh puskesmas yaitu KIA, KB, P2M dan gizi. Keempat progam pokok tersebut juga dilaksanakan secara terpadu diluar gedung puskesmas melalui pos kesehatan ditingkat dusun atau pos pelayanan terpadu. Sejak tahun 1992/1993, pemerintah juga telah menempatkan bidan didesa. Bidan yang bertugas di desa, mengelola pondok bersalin desa.
Indikator keberhasilan Manajemen Puskesmas, meliputi :
a. Terbentuknya Tim Manajemen Puskesmas
            Adanya Tim Manajemen Puskesmas, merupakan bukti bahwa Puskesmas sudah melaksanakan fungsi manajemen Puskesmas yang ke-2, yaitu fungsi Penggerakkan dan Pelaksanaan (P2). Tim Manajemen Puskesmas dilegalisasi dengan Surat Keputusan (SK) Kepala Puskesmas
b. Berfungsinya Tim Manajemen Puskesmas
      Terbentuknya Tim Manajemen Puskesmas saja belum cukup. Oleh karena itu Tm Manajemen Puskesmas harus berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya
·       Mutu Puskesmas
Adalah kesesuaian antara SDM, pelayanan dan sarana yang dilaksanakan oleh Puskesmas. Indikator mutu Puskesmas, meliputi :
a. Sumber Daya Manusia / SDM (Tenaga)
Seluruh tenaga yang ada di Puskesmas sudah mengikuti pelatihan teknis dan mendapat sertifikat (misalnya, APN, PPGDON, BTCLS, ATCLS, GELS, MTBS, QA)
b. Pelayanan
    Pelayanan yang diberikan di Puskesmas hendaknya sudah sesuai atau mengikuti Prosedur Ketetapan (Protap) atau Standar Operasional Prosedur (SOP). Selain itu ada Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) atau tersedia Kotak Saran untuk mengevaluasi pelayanan yang telah diberikan kepada masyarakat serta ada analisis hasil evaluasi kepuasan masyarakat.
c. Sarana
     Sarana yang ada di Puskesmas hedaknya harus sesuai dengan standar  pelayanan kesehatan (misalnya, sarana ANC, sarana pelayanan Imunisasi)
·       Program Kreatif dan Inovatif
Adalah program/kegiatan atau pelayanan yang menjadi unggulan Puskesmas serta lebih menonjol dibandingkan pelayanan di Puskesmas lain, seperti : Klinik Terpadu Graha Semesta, Klinik IMS, Kader UKGMD, Puskesmas Santun Lansia. Puskesmas hendaknya minimal mempunya satu program kreatif dan inovatif yang menjadi unggulan Puskesmas tersebut.
·       Pemberdayaan Masyarakat
Adalah upaya dan peran serta masyarakat di bidang kesehatan agar mandiri untuk mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Indikator pemberdayaan masyarakat, yaitu :
a. Terbentuknya Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) Meliputi : Pos Yandu, Pos Bindu, Pos UKK, Poskestren, Poskesdes, Desa Siaga, SBH, TOGA, Kader Pos Yandu, Kader Kesling, PMO
b. Berfungsinya UKBM
Tidak hanya terbentuk UKBM saja, akan tetapi UKBM tersebut harus berfungsi
·       Kerjasama Lintas Sektor
          Kegiatan Puskesmas akan berjalan dengan lancar, bila didukung oleh peran Lintas Sektor (Kecamatan, UPT Pendidikan,UPT KB, KUA), terutama bila kegiatan Puskesmas yang melibatkan masa (masyarakat banyak), misalnya Pekan Imunisasi Nasional (PIN) bekerjasama dengan Kecamatan, Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) bekerjasama dengan UPT Pendidikan.
Oleh karena itu dalam melaksanakan kegiatannya Puskesmas harus bekerjasama dengan lintas sektor agar tujuan Pembangunan Kesehatan dapat terlaksana  
Tugas

1.       Diskusikan materi ini dengan kelompok anda
2.       Berikan kesimpulan dari materi ini

























DAFTAR PUSTAKA

-  Kementrian R.I (2014) Buku Saku PERMENKES No.75 Tentang Puskesmas
-     A.Gede Munijaya (2012) Manajemen Kesehatan Edisi Ketiga. EGC
-     Satrianegara (2014) Organisasi Dan manajemen Pelayanan Kesehatan. Buku Kita
-     Rahmayati (2013) Manajemen Pelayanan Prima. Graha Ilmu
-     Trimonono (2012) Manajemen Puskesmas.Arrimes
-  Kementrian R.I (2014) Buku Saku PERMENKES No.75 Tentang Puskesmas
-     A.Gede Munijaya (2012) Manajemen Kesehatan Edisi Ketiga. EGC
      Alamsyah (2012) Manajemen Pelayanan Kesehatan. Nuha Medika
-     Suhadi & Rais (2015) Perencanaan Puskesmas. T I M
-     Irene. 2011. Manajemen Puskesmas.EGC
-     Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Departemen Kesehatan RI Pedoman Perencanaan Tingkat Puskesmas, 2006.
-  Notoatmojo, Soekidjo. 1997. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Rineka Cipta.
-  Muninjaya, Gde AA, 2004. Manajemen Kesehatan,ed.2. Jakarta : EGC
-    P.rasetyo, Eko, 2005. Orang Miskin Dilarang Sakit. Yogyakarta : Resist Book.
-    Azwar Azrul, 1998. Pengantar administrasi Kesehatan. Jakarta : Binarupa Aksara
-    Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Departemen Kesehatan RI, Pedoman Penilaian Kinerja.2006
-    Departemen Kesehatan, 2002. Pedoman Manajemen Puskesmas. Arrime
-      Departemen Kesehatan R.I (2006) Pedoman Perencanaan Tingkat Puskesmas; Direktorat  Jendral Bina Kesehatan Masyarakat. Depkes R.I






































































         














Tidak ada komentar:

Posting Komentar